Pages

Ads 468x60px

Photobucket

DO`A-DO`A YANG ADA DI DALAM SHOLAT. bagian 6 (habis)

Do’a Iq’a/Duduk Di Antara Dua Sujud

اللهُّمَ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِي، واهْدِنِي ، و عَافِنْي، واَرْزُقْنِي.
Allohummaghfirli warhamni wahdini wa’aafini warzuqni.”
(Ya Alloh ampunilah aku dan kasihanilah aku dan berilah aku petunjuk dan maafkanlah aku dan berilah aku rizki.)

Do’a Tasyahud Awwal Dan Akhir.
التَّحِيَّاتُ لله وَالصَّلَوَاتُ والطيِّبَاتُ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إلهَ إلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ ورَسُولُهُ ، اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إبْرَاهيمَ ، وَ بَارِكْ عَلَى مُحمَّدٍ ، وعَلَى آلِ مُحمَّدٍ ، كمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إبْرَاهيمَ ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.
“Attahiyyatu lillahi wash sholawatu wath thoyyibatu, assalamu ‘alayka ayyuhan Nabiyyu warohmatullohi wabarokaatuhu, assalamu ‘alaynaa wa’alaa ‘ibaadillahish sholihin, asyhadu allaa ilaaha illallohu wahdahu laa syarika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuluhu, Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollayta ‘alaa aali Ibrohim, wabaarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa aali Ibrohim fil ‘aalamina innaka hamidun majidun.”
(Segala kehormatan, segala rahmat dan kebaikan adalah milik Alloh. Kesejahteraan atasmu hai Nabi dan rahmat Alloh dan berkah-Nya. Kesejahteraan atas kami dan atas hamba-hamba Alloh yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak di sembah kecuali Alloh Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Alloh berilah rahmat atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah member rahmat atas keluarga Ibrohim. Dan berkahilah atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah atas keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.)

Keterangan :
  1. Do’a tasyahud/tahiyyat ini terdapat dalam kitab Shohih Muslim : I/188/55 dan SM : I/191/65
  2. Do’a tasyahud ini boleh di baca untuk semua jenis sholat, fardhu atau sunnah tidak terkecuali.


التَّحِيَّاتُ لله وَالصَّلَوَاتُ والطيِّبَاتُ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إلهَ إلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ ورَسُولُهُ ، اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إبْرَاهيمَ ، إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحمَّدٍ ، وعَلَى آلِ مُحمَّدٍ ، كمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إبْرَاهيمَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.
“Attahiyyatu lillahi wash sholawatu wath thoyyibatu, assalamu ‘alayka ayyuhan Nabiyyu warohmatullohi wabarokaatuhu, assalamu ‘alaynaa wa’alaa ‘ibaadillahish sholihin, asyhadu allaa ilaaha illallohu wahdahu laa syarika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuluhu, Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollayta ‘alaa aali Ibrohim, innaka hamidun majidun , Allohumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa aali Ibrohim innaka hamidun majidun.”

(Segala kehormatan, segala rahmat dan kebaikan adalah milik Alloh. Kesejahteraan atasmu hai Nabi dan rahmat Alloh dan berkah-Nya. Kesejahteraan atas kami dan atas hamba-hamba Alloh yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak di sembah kecuali Alloh Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Alloh berilah rahmat atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah member rahmat atas keluarga Ibrohim Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. Ya Alloh berkahilah atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah atas keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.)

Keterangan :
  1. Do’a tahiyyat ini terdapat di dalam Kitab Shohih Muslim I/191/66.
  2. Artinya, kita boleh menggunakan do’a yang nomor 1 atau boleh juga yang nomor 2 ini untuk membaca do’a tahiyyatnya.


Do’a Tambahan Tahiyyat Pada Sholat Fardhu.
اللّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيْرًا وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْلِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
“Allohumma inni dzolamtu nafsi dzulman katsiron wa laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta, faghfirli maghfirotan min ‘indika war hamnii innaka antal ghofurur rohim”.
(Ya Alloh sesungguhnya aku telah mendzolimi diriku sendiri dengan kedzoliman yang banyak. Dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. (Oleh karena itu) Ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu, dan berilah rahmat kepadaku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.)

Keterangan :
  1. Do’a ini terdapat dalam kitab Shohih Bukhori I/1/303.
  2. Do’a ini di baca setelah membaca tahiyyat sebelum mengucapkan salam.
  3. Do’a ini di baca khusus pada sholat fardhu saja.


Do’a Tambahan Tahiyyat Pada Sholat Tahajjud.
اللّهُمَّ اغْفِرْلِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَسْرَفْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ.
“Allohummaghfirli maa qoddamtu wa maa akhkhortu wa maa asrortu wa maa a’lantu wa maa asroftu wa maa anta a’lamu bihi minni, antal muqoddimu wa antal muakhkhiru laa ilaaha illaa anta.”
(Ya Alloh ampunilah aku dosaku yang lalu dan dosaku yang kemudian, dan dosaku yang tersembunyi, yang terang-terangan dan dosaku yang berlebihan dan dosaku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Engkau Maha Dahulu dan Engkau Maha Kemudian, tidak ada ilah kecuali Engkau.)

Keterangan :
  1. Do’a ini terdapat di dalam Shohih Muslim I/345/201.
  2. Do’a ini di baca setelah tasyahud sebelum mengucapkan salam.
  3. Do’a ini di baca khusus untuk sholat tahajjud atau witir atau qiyamu Romadhon. Tidak untuk sholat-sholat selain yang tiga macam tersebut.


Menutup Sholat Dengan Salam.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ.
“Assalaamu’alaikum warohmatullohi wa barokaatuhu”.
(Kesejahteraan atas kalian semua dan juga rahmat Alloh dan berkah-Nya.)

Keterangan :
Ucapan salam di atas terdapat di dalam Sunan Abu Daud I/238/997 riwayat Wail bin Hujr.
Riwayat lain :
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله
Ini juga terdapat did ala Sunan Abu Daud I/237/996 dari riwayat Abdulloh
Dengan ucapan salam tersebut berarti sholat sudah selesai.

wallohu`alam
ustadz. irsyad syarbini

1 komentar:

  1. Asalamualaikum
    التَّحِيَّاتُ لله tulisan ini kurang pas yang benar begini التَّحِيَِّاتُ لِلَّهِ
    untuk harokat lihat huruf yang saya contohkan diatas

    wasalam

    BalasHapus

Jakakumulloh sudah mengunjungi blog kami

yang tidak memiliki ID pilih Anonymous biar bisa berkomentar.
saling menasehati dalam kebenaran dan keshobaran.